Berita

KakanKemenag Tanah Datar Monev Asesmen Madrasah Kelas IX di MTsN 12 TD

Jumat, 26 April 2024 21:27 WIB
  • Share this on:

KakanKemenag Tanah Datar Monev Asesmen Madrasah Kelas IX di MTsN 12 TD

Batusangkar (Humas-info):  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar, H. Amril, S Ag, MM bersama tim melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) kegiatan Asesmen Madrasah (AM) kelas IX di MTsN 12 Tanah Datar, Jumat (26/4).

Setelah meninjau ruang asesmen, H. Amril juga memeriksa kelengkapan administrasi panitia penyelenggara di Posko Panitia Pelaksana Asesmen. Beberapa kelengkapan administrasi yang di periksa diantaranya adalah  buku panduan, SK panitia/pengawas, tata tertib, denah lokasi dan daftar hadir panitia dan pengawas AM untuk mendukung kesuksesan dan kelancaran pelaksanaan asesmen. Dalam kesempatan tersebut H. Amril juga diminta memberikan pembinaan terhadap majlis guru dan tata usaha.

Kepala MTsN 12 Tanah Datar, Yuniar, S.Ag sebagai penanggung jawab pelaksanaan AM melaporkan kepada Bapak Ka.kankemenag kehadiran siswa dari awal AM sampai hari kelima hadir 100%. Peserta semuanya berjumlah 166. Ruang ujian semuanya berjumlah 9 yang setiap ruang ujian diisi oleh 20 orang peserta kecuali ruang ke 9  hanya diisi 6 peserta ujian. Lebih lanjut Yuniar menjelaskan pelaksanaan asesmen dari hari pertama berjalan dengan tertib, aman, lancar dan tanpa adma hambatan yang berarti. Dia berharap kondisi ini bertahan sampai asesmen berakhir di hari Sabtu tanggal 27 April 2024.

Dalam pertemuan tersebut Yuniar juga memperkenalkan para akademika di MTsN 12, mulai dari Waka. Kurikulum, Waka. Kesiswaan, Waka. Sarana Prasarana, Humas, Kepala Tatat Usaha, Bendahara dan majlis guru.

“Selama asesmen berlangsung, para guru yang tidak mengawas tetap melakukan aktivitas dan, bimbingan, pembinaan terhadap siswa yang mengikuti program Kompetisi Sain Madrasah (KSM), Program Madrasah Riset (Maires) program bilingual bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Kami sangat butuh motivasi arahan serta bimbingan dari Bapak kepala kantor Kemenag”. Harapan  Yunia

Kepala Kemenag, H. Amril dalam arahannya menyampaikan “Monev AM ini dilakukan dalam rangka memastikan apakah pelaksanaan AM sudah sesuai prosedur yang berlaku dan tercapai tujuan yang diinginkan. Monitoring dan evaluasi itu penting dan sangat menentukan arah dan peningkatan kinerja sebuah Lembaga.”

Perlu dipahami bahwa Asesmen Madrasah bertujuan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik sesuai standar kompetensi lulusan yang ditetapkan. Kita berharap siswa kita mendapat nilai terbaik dan diterima pada madrasah atau sekolah Tingkat atas baik negeri maupun swasta terbaik ujar Amril

Adapun Untuk kemajuan madrasah kedepan yang perlu dilakukan kerjasama dengan seluruh komponen baik pihak wali murid, komite, wali nagari, Masyarakat dan pihak lainnya seluruhnya perlu dirangkul. Disamping itu masing-masing kita tetap semangat dan disiplin dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai pendidik dan tenaga kependidikan, tingkatkan kompetensi diri, lakukan Upgrade Diri   bertujuan untuk mengembangkan diri dan menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.        

Diakhir arahannya Amril menerangkan bahwa Fokus utama tranformasi (upaya memperbaiki diri) madrasah pertama perbaikan kurikulum (optimalisasi dan evaluasi) kedua  Peningkatan kualifikasi dan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan ketiga Kelengkapan sarana dan prasarana bagi setiap madrasah dan keempat Akuntabilitas dan transparansi dalam tata Kelola manajemen madrasah. (Novi/Ulfa/@di)

Editor:
Ulfa Husna
Kontributor:
Ulf@
Penulis:
Miftah Novi
Fotografer:
Editor

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -