Berita

KEMENAG KAB. TANAH DATAR LAKSANAKAN BIMBINGAN MANASIK HAJI TINGKAT KECAMATAN TAHUN 1445/2024

Jumat, 26 April 2024 08:48 WIB
  • Share this on:

Batusangkar (Humas-info) : Kepala Kantor Kemenag kabupaten Tanah Datar, diwakili oleh KUA Pariangan Ajiman memberikan Arahan kepada Jamaah Calon Haji (JCH) dalam kegiatan manasik haji tingkat kecamatan Wilayah I di Masjid Al Balad Nagari Batipuh Baruah Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar (Kamis,25/4)

Dihadiri oleh Kepala KUA X koto Bisti Syamsuri, Ka. KUA Batipuh Iswandi, Ka. KUA Batipuh Selatan Desrimen, Ka. KUA Pariangan Ajiman,  dan 109 orang Jamaah Calon Haji tahun 2024 dari empat Kecamatan tersebut.

Ajiman dalam arahannya menyampaikan “selamat kepada bapak ibu yg telah ditetapkan sebagai jamaah calon haji Tanah Datar tahun 1445 H/2024 M dan ini adalah nikmat yang sangat luar biasa diantara banyaknya orang yang antrian menunggu panggilan ke Baitullah”.

Bimbingan Manasik Haji merupakan proses pembekalan yang dilakukan Kementerian Agama kepada JCH. Jamaah Calon Haji memiliki hak mendapatkan Bimbingan Manasik Haji, di tingkat Kabupaten  sebanyak 2x pertemuan, dan di tingkat KUA Kecamatan sebanyak 10x pertemuan.

Pelaksanaan Manasik haji  Tingkat kecamatan tahun ini dibagi menjadi tiga wilayah yakni Wilayah I, Kec. X Koto, Batipuh, Batipuh Selatan dan Pariangan Tenpat Masjid Al-Balad Balai Gadang, Wilayah II, Kec. Lima Kaum, Sungayang, Sungai Tarab, Salimpaung dan Tanjung Baru, Tempat Masjid Nurul Huda Simpuruik, Wilayah III, Kec. Rambatan, Tanjung Emas, Lintau Buo dan Lintau Buo Utara, Tempat Masjid Raya Rambatan, mansik dilaksankan secara  serentak mulai hari ini Kamis, 25 April 2024 hingga 5 Mei 2024  mendatang,” jelas Ajiman.

Ajiman Mengingatkan kepada JCH, luruskan niat, semata mata memenuhi panggilan Allah SWT untuk melaksanakan ibadah ke tanah suci. perkuat iman dan imun, jaga hati dan kesehatan fisik dengan sebaik baiknya,

Diakhir arahannya Ajiman berharap agar seluruh JCH bisa mengikuti kegiatan manasik haji selama sepuluh hari tersebut dengan baik, disamping bertambahnya wawasan juga terbangun kesadaran sejak awal bagi seluruh jemaah untuk peduli terhadap sesama jamaah terlebih jemaah lansia.

Dalam bimbingan manasik haji pertemuan pertama wilayah 1 ini,  JCH mendapatkan materi dari Ketua Kloter H. Abrar Ali Amran, MA seputar ibadah haji, mulai dari rukun, wajib, larangan, termasuk rencana tahapan perjalanan ibadah haji, ibadah di dalam pesawat. Adapun Materi tentang Kesehatan disampaikan langsung secara zoom oleh Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) Kloter 7 untuk Sumbar dan Bengkulu dr. Siti Septian Maulina, dr. Ilma Hamid,  dr. Yosep materi seputur trik menjaga kebugaran , obat-obatan, dan hal lainnya berkaitan dengan Kesehatan dan diakhiri dengan tanya jawab dengan jamaah caloh haji. (Novi,Ulf@adi)

Editor:
Ulfa Husna
Kontributor:
Miftah Novi, S.Ag, M.Pd.I
Penulis:
Miftah Novi
Fotografer:
Editor

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -